Jangan Investasi ke Reksadana

Jangan Investasi ke Reksadana

Anda mengira saya salah menulis ? jawabannya adalah tidak sama sekali. Judulnya memang Jangan Investasi ke Reksadana. Reksadana menjadi sebuah pilihan massal dan menjadi alternative dengan embel-embel tidak memiliki pengetahuan dan modal besar.

            Reksadana adalah sebuah bentuk Investasi dimana seorang Manajer Investasi (lembaga/perusahaan yang menjalankan uang anda) mengumpulkan dana dari masyarakat untuk tujuan Investasi dan dengan perjanjian yang dibuat kedua belah pihak untuk memilih instrument mana yang akan dijadikan investasi. Secara garis besar ada 4 jenis alokasi dana investasi yaitu Reksadana Saham, Reksadana Pasar Uang, Reksadana Obligasi dan Reksadana Campuran. Masing-masing cocok untuk tingkat resiko dan profit serta berapa jangka waktu yang cocok untuk mengambil keuntungan.

            Saya disini bukan untuk menjelaskan panjang lebar mengenai pengetahuan reksadana karena ada ribuan website dengan penulis para ahli keuangan yang siap membantu anda. Disini saya mencoba melihat pemahaman masyarakat akan alasan mereka menggunakan reksadana sebagai pilihan

Pertama, kurangnya pengetahuan akan investasi misalkan saja saham. Benarkah anda tidak memiliki kemampuan itu ataukah serumit apakah saham itu bekerja?. Bukannya menyepelekan namun anda seharusnya bisa menyisihkan waktu anda untuk belajar. Bagaimana memilih saham dan juga menentukan supaya anda dijalur yang benar. Sesungguhnya ilmu yang dimiliki para manajer Investasi bukanlah mustahil untuk dikalahkan. Ingat investasi adalah apa yang anda mampu sisihkan dan putar lagi supaya lebih besar.

Kedua, bila alasan anda adalah modal yang kurang dimana setidaknya memulai membuka akun di Bursa Efek Indonesia sekitar Rp.10 juta dan anda cukup menyisihkan setidaknya Rp.500 ribu untuk membeli unit reksadana namun perhatikan sebuah prinsip. Bila modal anda memang 500 ribu mengapa tidak anda putar dulu dengan memulai usaha? Apakah ada investasi yang memberikan Return of Investment (ROI) dibawah 1 tahun bahkan 6 bulan selain usaha? Ketika modal anda sudah mencapai angka yang dibutuhkan anda akan mendapatkan dobel keuntungan yaitu uang untuk Investasi dan juga usaha yang bisa menjadi tulang punggung anda.

Ketiga, hilangkan perasaan takut merugi karena menurut pengalaman dan statement yang dikatakan oleh para ahli mengatakan bila mereka yang sering rugi dalam investasi adalah mereka yang pemula dan juga banyak kesalahan yang telah dibuat. Jadi bila mental anda masih berpadangan takut merugi lebih baik belilah buku-buku yang mengupas tuntas tentang investasi saham. Kemudian mulailah membeli saham mulai 1 lot dengan perusahaan yang memiliki kredibilitas. Karena dalam saham menurut Donald trump yaitu membeli bisnis bukan sekedar lembaran saham.

Kesimpulan

            Kelihatannya memang tulisan saya tidak bisa menjadi pembenar bahwa Reksadana dalah bukan pilihan yang baik. Tetapi saya mencoba melihat dari ketergantungan masyarakat akan paket investasi. Mereka beranggapan bahwa reksadana adalah penolong mereka yang ingin berinvestasi. Padahal semakin anda berharap semakin anda tidak tahu. Di dunia ini tidak semua Manajer Investasi adalah putih alias benar. Tidak jarang pula bahwa uang anda dipermainkan dalam berbagai hitung-hitungan rumit yang menyebabkan profit anda yang seharusnya 12% turun menjadi hanya 6%.

            Untuk mengurangi ketergantungan itu beberapa hal yang harus anda lakukan adalah tingkatkan pengetahuan anda tentang pasar modal dan saham, cukupkan modal anda bilamana masih sedikit modal lebih baik putar untuk berbisnis karena bisnis menurut saya adalah investasi terbaik. Dan juga selanjutnya adalah hilangkan ketakutan anda akan merugi dikarenakan rugi adalah tanda anda melakukan kesalahan dan masih kurang dalam ilmu.

            Semoga anda bisa mendapatkan potensi investasi terbaik dan juga cocok untuk anda. Mungkin saja anda memang sudah nyaman membeli unit asuransi sehingga anda tidak bisa lepas. Silahkan saja namun tips berikut bisa anda pertimbangkan siapa tau anda membutuhkannya nanti.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s